Sabtu, 24 September 2011

DEFINISI TENTANG EKONOMI

Dalam kehidupan kita sehari hari pasti pernah menemukan kata ekonomi yang semakin hari semakin menantang ekonomi di hadapan kita. Yang bisa kita contohkan berita dari berbagai media,seperti : Kesulitan Ekonomi,Ekonomi pasar dan lain lain .

APA DAN SIAPA ?
William petty
(1623-1687)

Petty lahir pada tahun 1623 dari keluarga pedagang pakaian miskin di Hampshire,bagian selatan inggris.
William petty adalah seorang yang pertama kali memikirkan dan menulis sistematika tentang ekonomi dan salah satu individu yang menerapkan prinsip-prinsip ekonomi ke dunia nyata. Karya nya memberikan pencerahan dalam sifat dari sewa (rent) dan pajak.Akan tetapi ,ia lebih terkenal karena usahanya menjadikan ilmu ekonomi sebagai ilmu kuantitatif dan statistikal melalui apa yang ia namakan aritmatika politik.
Petty mengembangkan metode aritmatika politik dari penerapan program penelitian untuk gejala ekonomi di Royal Society. Petty bertujuan untuk menyangkal keyakinan umum dan menunjukan bahwa inggris justru lebih kaya daripada sebelumnya. Ia kemudian membuktikan tesis nya itu,sayangnya pada abad ke 17 di inggris tidak ada perwakilan pemerintah melaporkan data ekonomi berdasarkan basis yang teratur. Juga tidak ada koran yang membrikan statistik ekonomi dan keluarga.
(sumber : Steven Pressman, Lima Puluh Pemikir Ekonomi Dunia, Murai kencana. Jakarta 2000)

Nah saya Cuma share beberapa artikel dari yang telah saya ketahui tentang ekonomi. Dalam ilmu ekonomi kita pasti akan mengenal tentang :
1. Pendapatan Nasional
2. Anggaran Pendapatan Belanja Pemerintah dan kebijakan Anggaran.
3. Kebijakan Fiskal dan Moneter.
4. Ekonomi Moneter
5. Inflasi
6. Bank dan Lembaga keuangan bukan bank,dll
(Sumber :Dra, Hj. Sukwiaty ,Ekonomi 2,Yudistira.Bandung 2004 )

itu hanya beberapa istilah tentang Ekonomi,Ada juga beberapa pengertian Ilmu Ekonomi dari beberapa Link yang saya baca yaitu :
# ADAM SMITH
Ilmu ekonomi secara sistemtis mempelajari tingkah laku manusia dalam usahanya untuk mengalokasikan sumber-sumber daya yang terbats guna mencapai tujuan tertentu

# ALFRED MARSHALL
Ilmu ekonomis adalah ilmu atau studi yang mempelajari kehidupan manusia sehari-hari.

# PAUL A SAMUELSON
Ilmu ekonomi adalah ilmu pilihan, ilmu ini mempelajari bagaimana orang memilih menggunakan sumber produksi yang langka atau terbatas untuk memproduksi berbagai komoditi dan menyalurkannya ke berbagai anggota masyarakat untuk segera dikonsumsi.

# VON NEUMANN dan MORGENSTERN
Ilmu ekonomi adalah disiplin ilmu yang sayang sekali bila tidak diperlakukan secara tidak ilmiah karena para tokoh terkemukanya sibuk mengurusi solusi-solusi untuk menghadapi masalah-masalah mendesak zaman itu.

# M. MANULANG
Ilmu ekonomi adalah suatu ilmu yang mempelajari masyarakat dalam usahanya untuk mencapai kemakmuran (kemakmuran suatu keadaan dimana manusia dapat memenuhi kebutuhannya, baik barang-barang maupun jasa)

# LIPSEY
Ilmu ekonomi adalah suatu studi tentang pemanfaatan sumber daya yang langka untuk memenuhi kebutuha manusia yang tidak terbatas.
Sumber :
http://carapedia.com/pengertian_definisi_ilmu_ekonomi_menurut_para_ahli_info490.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar